Hindari Mendengarkan Musik Hingga Tertidur!!!

Basmi Ketombe Dengan Ramuan Herbal Yang Satu Ini
December 5, 2018
Efek Polusi Udara Tak Terlihat Pada Anak-Anak
December 5, 2018

Hindari Mendengarkan Musik Hingga Tertidur!!!

http://kursusinggrispare.com/ // Musik telah digunakan dalam berbagai terapi relaksasi. Mendengarkan jenis musik tertentu diyakini bisa menghilangkan stres, membantu proses penyembuhan penyakit, hingga meningkatkan kemampuan kognitif.

Baca Juga : Kursus Bahasa Inggris

Bagaimana Musik Mempengaruhi Kita?

Otak kita terhubung untuk merespon musik. Dan karena otak kita mengirim sinyal ke setiap bagian tubuh kita, musik dapat mempengaruhi kita dalam berbagai cara. Pada tingkat fisiologis, pernapasan dan detak jantung kita akan mencerminkan ketukan lagu.

Berbagai jenis lagu juga dapat mengubah kimia tubuh dan tingkat hormon. Misalnya, mendengarkan lagu yang menyenangkan dapat meningkatkan kadar serotonin, yang membuat kita bahagia. Masalahnya adalah bahwa “menyenangkan” adalah istilah subjektif, sehingga lagu yang sama dapat memengaruhi masing-masing dari kita secara berbeda.

Baca Juga : Info Kursus Bahasa Inggris

Mendengarkan musik mengaktifkan kedua sisi otak kita, kiri, dan kanan. Melibatkan kedua sisi otak Anda secara bersamaan meningkatkan kemampuan Anda untuk menyelesaikan masalah karena Anda menggunakan sisi kiri kreatif otak Anda pada saat yang sama dengan sisi kanan logis.

Musik juga memicu hippocampus, yang merupakan bagian dari otak Anda yang terkait dengan penyimpanan memori jangka panjang. Itulah sebabnya lagu-lagu dari masa lalu dapat membantu Anda menghidupkan kembali kenangan, dan mengapa banyak dari kita merasa nostalgia ketika kita mendengar lagu-lagu dari masa kanak-kanak, remaja, atau masa sibuk dalam hidup kita. Lagu ini membantu mengembalikan kenangan indah dan menyenangkan.

Baca Juga : Daftar Kursus Inggris

Secara keseluruhan, musik memiliki efek positif pada kita, dengan satu pengecualian. Suara keras (lebih dari 95 desibel) dapat mempengaruhi penilaian kita secara negatif. Jadi, jika Anda berada di tengah-tengah keputusan penting, kecilkan volume ke tingkat yang wajar.

Mengapa Mendengarkan Musik Saat Tidur?

Selama Anda memilih lagu yang membuat Anda merasa rileks dan bahagia, jatuh tertidur ke lagu yang menyenangkan dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan mendapatkan istirahat yang lebih baik. Ini mirip dengan ketika kita masih anak-anak, dan orang tua kami menyanyikan lagu pengantar tidur untuk “menidurkan” kita untuk tidur.

Baca Juga : Kursus Bahasa Inggris Di Al Azhar Pare

Jika mendengarkan kebisingan latar belakang menjadi bagian dari rutinitas malam Anda, efek positif dapat berkembang biak. Melodi tidak hanya membantu menenangkan dan membuat Anda rileks, tetapi aspek rutin memainkan lagu tepat sebelum tidur akan menandakan tubuh Anda bahwa ini saatnya untuk beristirahat. Anda mungkin mendapati diri Anda dapat tertidur dengan mudah, hanya karena Anda telah melatih tubuh Anda bahwa inilah waktunya untuk pergi tidur. Namun, cara seseorang mendengarkan musik perlu dicermati. Sejumlah studi mengungkap, mendengarkan musik menjelang tidur bahkan sampai seseorang terlelap sepenuhnya sangat tidak disarankan.

Musik yang didengarkan menggunakan penyuara kuping alias earphone bisa berbahaya. Saat tertidur, posisi earphone dapat bergeser sehingga menyebabkan iritasi di dalam telinga atau menghalangi pendengaran.

Baca Juga : Info Kampung Inggris Pare

Volume yang terlalu kencang juga membahayakan. Memang tidak ada penelitian yang menyebutkan memakai earphone dan mendengarkan musik saat tidur mengarah pada kematian, tapi opsi ini sebaiknya dihindari.

Tanpa earphone pun, mendengarkan musik sampai tertidur menyebabkan efek samping yang kurang menguntungkan. Sebab, hal itu berpotensi mengganggu ritme sirkadian alias jam biologis tubuh.

Jam biologis menentukan siklus tidur, produksi hormon, suhu tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya. Terganggunya aspek tersebut akan membuat kondisi tubuh tidak seimbang dan seseorang terbangun dengan lelah.

Ketika musik terus diperdengarkan, bagian otak yang mengatur interaksi dan penerimaan stimulus tidak sepenuhnya beristirahat. Tanpa disadari, si pendengar musik bisa terjaga di tengah malam sambil bersenandung.

Efek kurang sehat lain, jantung berdetak lebih cepat dari situasi normal saat tidur. Keesokan harinya, beberapa orang mendapati telinganya berdengung atau ada suara denging konstan yang mengiringi dan susah hilang.

Baca Juga : Daftar Kursus Kampung Inggris Pare

Jika Anda benar-benar harus mendengarkan musik agar bisa tidur, gunakan pengatur waktu agar musik berhenti otomatis. Perlu diingat, musik dapat membantu tidur tapi tak bisa memperdalam level kualitas tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *